Posted by : Unknown Wednesday, May 2, 2012



Ricky McCormick membuat pusing FBI meski raganya sudah gak lagi bernyawa. McCormick yang dikenal menggemari kode rahasia menuliskan surat yang terdiri dari dua halaman. Surat itu berisi kombinasi huruf, angka, dan simbol. McCormick kemudian memasukkannya ke dalam sakunya.

Saat jasadnya ditemukan di sebuah ladang jagung di Missouri pada musim panas tahun 1999, dua lembar surat itu masih ada di dalam saku celananya. Salah satu baris isi surat itu bertuliskan, “ALPONTE GLSE – SE ERTE”. Apa artinya? gak ada yang tahu. Bisa saja itu pesan meminta tolong kepada orang lain atau hal yang lainnya.

Dan tentu saja menjadi masalah karena FBI gak mampu untuk memecahkan pesan di balik kode tersebut. Oleh karena itu, unit pemecah kode FBI meminta bantuan masyarakat untuk memecahkan kode McCormick. Kode McCormick telah membuat pusing ahli-ahli kriptologi pemerintah selama lebih dari sepuluh tahun. Harapannya, jika kode itu bisa diuraikan, maka kasus pembunuhan McCormick bisa saja terpecahkan.


Dan Olson, kepala Unit Catatan Penipuan dan Laboratorium Analisis Kriptologi FBI, mengatakan bahwa lembaran kertas yang ditemukan di jasad McCormick – 41 tahun, bisa menjadi kunci untuk membongkar penyebab pembunuhannya.

Tapi, meski telah bertahun-tahun berusaha memecahkannya, gak satu pun ahli kriptologi FBI yang mampu memecahkan kode ciptaan McCormick yang gak tamat sekolah SMA itu. Maka dari itu, FBI mencoba mencari bantuan dari masyarakat dan berharap ada seseorang di luar sana yang mengenali kode yang dipakai McCormick dalam dua lembar kertas itu.

Polisi mengatakan, McCormick bereksperimen dengan kode dan sandi rahasia sepanjang hidupnya. “Kami bertanya pada keluarganya dan mereka mengatakan bahwa dia sering melakukan itu“, kata Letnan Craig McGuire dari Departemen Sheriff St. Charles County. “Tidak ada yang benar-benar tahu apa artinya. Kode itu sama seperti tulisan di buku harian“.

Pihak berwajib mengatakan, yang paling membantu adalah seseorang yang punya contoh sistem kode McCormick atau bahkan sesuatu yang mirip dengan kodenya sehingga mereka bisa membandingkannya.


FBI sudah berusaha memecahkan kode McCormick sejak tahun 2001, kata Olson. Mereka mencoba seluruh metode standar analisis kriptografi yang dipergunakan para pakar agar FBI gak perlu repot-repot meminta bantuan badan pemecah kode pemerintah, National Security Agency (NSA), dan komputer supernya di Maryland.

McCormick terakhir kali terlihat 5 hari sebelum jasadnya ditemukan dan ia gak pernah dilaporkan menghilang. Sejak FBI meminta bantuan pada sepekan sesudahnya, sudah ada lebih dari 1.000 saran yang masuk. Karena begitu banyaknya tanggapan melalui surat dan telepon, FBI sampai membuat situs internet khusus untuk membantu menampung saran yang masuk.

“Jawabannya akan berasal dari sumber yang bukan kriptologi“, kata Olson. Jasad McCormick yang sudah membusuk ditemukan pada 30 Juni 1999 di sebuah ladang jagung di dekat West Alton – Missouri, oleh para bawahan sheriff.

Tapi, sejauh ini belum ada yang mampu memberikan terobosan yang dibutuhkan FBI untuk mencari tahu apa yang ditulis McCormick. Mungkin saja gak akan ada yang bisa memecahkan kode McCormick. Hingga saat ini, FBI masih mencoba memecahkan kode yang ditulis pembunuh Zodiak Killer, pembunuh berantai yang beraksi di California pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an.

“Kami amat ahli melakukan pekerjaan kami, tapi kami butuh bantuan untuk yang satu ini“, kata Olson.

Dikutip dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 Zlectric - Theme Version 1.3 - Change Log - Theme Original by Johanes